Mei 27, 2014

Makalah Pengaruh Khawarij, Syiah dan Sunni Tehadap Perkembangah Tasyri'

Diposting oleh dwinur


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgN1TrnOFsz4FekPfLWUNS5RBOLY9TGFyOoNaHvjHuirhJ4dhOTByT5QvMsUqNUPITdZksHFtH5jBh3yqJTRGn-62xX9hR3o6JCnObJVZvKD97T-a3oG1AEXhyphenhyphenvRW9JH7S-BuFHnuUIpeE/s1600/Wahabi+Bantai+Muslim.jpgSejak masa khulafaur rasyidin berakhir, fase selanjutnya dikenal dengan tabi’in atau sahabat yang pemerintahannya dipimpin oleh Bani Umayah. Pemerintahan Bani Umayah menggunakan sistem monarki yang menggantikan sistem pemerintahan sebelumnya, yang bersifat kekhalifahan.
Umat Islam pada saat itu terpecah menjadi tiga kelompok; Khawarij sebagai penentang Ali, Syi’ah sebagai pendukung Ali, dan kelompok mayoritas (jumhur). Munculnya kelompok-kelompok itu berpengaruh besar dalam mewarnai proses perkembangan hukum Islam.

Pada fase ini perkembangan hukum Islam ditandai dengan munculnya aliran-aliran politik yang secara implisit mendorong terbentuknya aliran hukum. Walaupun panasnya suasana politik yang dipengaruhi oleh golongan-golongan pemberontak yakni golongan Khawarij dan Syi’ah mewarnai pada periode ini, akan tetapi fase-fase ini disebut juga masa keemasan Islam yang mana tumbuh banyak perkembangan-perkembangan keilmuan.
Downlaod makalah disini

0 komentar:

komentar anda menunjang perkembangan blog ini