Juni 14, 2014

Teknologi Yang Menyerupai Spider-Man

Diposting oleh dwinur

Okezone.com-CALIFORNIA - Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) di Amerika Serikat (AS) mengumumkan program yang dinamakan Z-Man. Program ini menghadirkan teknologi yang membuat seseorang bisa memanjat dinding secara vertikal mirip laba-laba atau cecak.

Dilansir Mashable, Kamis (12/6/2014), teknologi ini akan diperuntukkan untuk tentara di AS. Badan pengembang teknologi militer asal Negeri Paman Sam ini membuat inovasi yang terinspirasi dari sifat biologis pada hewan.


Kemampuan memanjat pada cecak atau tokek (dalam bahasa Inggris disebut 'Geckos'), membuat DARPA mengembangkan teknologi perekat yang mereka namakan 'Geckskin'. Alat ini cukup kuat untuk membantu manusia memanjat dan berhenti di tengah dinding.

Menurut DARPA, hewan seperi laba-laba, tokek atau binatang kecil menggunakan sistem unik yang menunjukkan adhesi (keadaan melekat pada benda lain) yang kuat melalui gaya yang dinamakan 'van der Waals'.

The Journal of Experimental Biology mengungkapkan, bagian footpad atau telapak kaki cecak berisi ribuan 'setae' yang menyerupai rambut. Rambut ini menjadi lebih halus dalam kelembapan tinggi dan memiliki area permukaan luas untuk kontak perekat.

Peneliti University of Massachusetts Amherst mencoba meniru efek pada telapak kaki cecak tersebut untuk dipergunakan oleh manusia melalui alat Geckskin. Material ini kabarnya bisa menahan berat lebih dari 600 pound.

Geckskin dengan ukuran 16 inci persegi ini dipakai di kedua tangan manusia dan memiliki berat 218 pound. Dalam sebuah percobaan, seorang penguji yang menggunakan alat buatan DARPA ini berhasil memanjat dan turun kembali dari ketinggian 25 kaki. (ahl)

0 komentar:

komentar anda menunjang perkembangan blog ini